Being single, so what?!


Barusan gw mikir, kalo pada bln ini, tepatnya tgl 29, gw genap 6 bln jomblo. Gw putus ama mantan gw tgl 29 maret, dmn saat itu usia jadian gw nginjek 3 tahun, pas bgt pd hari itu, jam 12 malem pula putusnya.. its terrific, wasn’t it? Yep, but I have to choose, I cant stuck on this relationship, that cant make me better. Of course, We (me n my ex) didn’t try to kill each other, but we cant find it better though. We are always heading conflicts, empty debates, no positive progress,, I can stay, but I don’t want to stay, I have to move on, I want move on. my life is not only about passionate relationship, but also independent commitment. Komitmen bebas maksud gw adalah, kita punya komitmen, tanpa pengekangan dr masing2 pihak, dan bertanggung jawab terhdap komitmen itu.. believe, that’s the key.. gw ngrasa udah ngga ada believe dr dia (my ex). Gw ngrasa ga dipercaya. Kecintaannya yang (suppose) berlebihan membuat dia jd ga percaya. Pergaulan gw yang (suppose, too) lebih luas, sifat gw yg bebas, membuat dia jd labil menilai gw. Kdang dia percaya, kadang nggak.. gw ga bs, jadian ama orang ga inkonsisten. Usianya dia, harusnya udah pny konsistensi yg lebih tinggi dr gw, cm emang, qta ga bs melihat sifat apalagi kdewasaan seseorang just by his/her age. Iya kalo dia bs ngambil pengalaman hidupnya sbg sebuah pelajaran, klo ngga?? Mati aja lu!
Udah hampir 6 bln gw jomblo, gw ngrasa bebas, nyaman, apalagi utk menjadikan diri gw lebih baik, either utk pribadi gw, atau untuk cowok yg nantinya akan jd pendamping gw. Mungkin krn pas jadian gw ngrasa dikekang bgt, gw ngerasa sempit.. 3 tahun penuh kesempitan, 3 tahun tanpa kualitas,, 3 tahun kebuang sia-sia, haduuh..
Relationship bwt gw ga main-main. Perlu 3 hal (seperti yang dibilang oleh teori triangulasi cinta yg gw pelajarin di matakuliah psikologi sosial), yaitu intimasi, passion, dan komitmen. Kalo Cuma passion (cinta yg bikin deg2an itu loh) doang, bukan triangulasi dong namanya.. gw sering blg sm temen2 gw yg br putus cinta n kbetulan dia nangis ke gw, bahwa pacaran itu ga cm modal cinta aja (makan tu cinta!), mesti ada keselarasan antara 2 individu itu. keselarasan akan ada dengan kepercayaan, kualitas komunikasi yg baik, serta kebebasan yg bertanggung jawab. Gw org yang menjunjung tinggi kebebasan bertanggung jawab. Sperti kata Mahatma Gandhi, “development without freedom is nothing”. Gw membebaskan orang2 disekeliling gw utk menjadi apa yg mereka inginkan, tp gw mengingatkan mereka kalo apa yg kita lakuin, harus kita pertanggung jawabin, ntah ama diri kita, keluarga, Negara, dan Tuhan. Ntah untuk dunia, atau akhirat. As long as we have responsibility to them, yaudah, go ahead lah.
Peduli amat ama kritikan sirik orang, toh mereka jg gat au apa2, kalo mereka tau gw yakin mereka ga akan komentar sinis. Advice2 pofitif, dukungan, dan semangat dari orang2lah yg harus kita balas dengan sebuah hasil yg baik dan ngga ngecewain mereka..
Dan selama belum ada orang yang bisa memberikan gw hal2 tadi, gw akan tetap bahagia menjadi seorang single.. dan kalo ga ada cowok yg bisa gw pegang omongannya, bs gw percaya, konsisten dengan apa yang ada dlm dirinya, sayang dengan dirinya seperti dia sayang ama gw, jgn harep aja gw bakal nerima dia, jgn harep hubungan gw bakal awet tama dia, males bgt..
being single, emang knp??

1 Comment

Filed under me in love'things

One response to “Being single, so what?!

  1. Triana

    Agree…banget. Gak usah pacaran dulu, berkaryalah sebanyak-banyaknya. Sarah masih 'pitik', masih buanyak banget yang bisa dikerjakan selain pacaran.
    Emang gengsi kalu jomblo, gak toh. Malah nyaman, cukup ortu aja yang boleh intervensi, orang lain gak berhak ngatur2 (nti aja kalu udah punya suami -> baru boleh ngatur). Go ahead with your life….

Leave a Reply

